Belajar CADCAM ZW3D – Single dan Multi Object File

Belajar CADCAM ZW3D – Single dan Multi Object File

Saya kira untuk mempelajari CADCAM ZW3D, menggunakan beberapa fasilitas yang saya posting sebelumnya sudah sangat memadai. Dan mungkin tidak perlu lagi membaca rentetan postingan saya ini 😛

Jadi posting tentang belajar CADCAM dari saya ini, khusus hanya untuk anda yang nekad untuk membacanya saja J

OK, Topik kali ini tentang Single dan Multi Object File,

ZW3D memungkinkan penggunanya untuk mengelola data-data dalam 2 macam bentuk/kondisi:

  • single Object File yang artinya 1 file terdiri dari 1 macam type, misalnya Misalnya File Latihan, berisi Part Latihan saja.

Contohnya seperti berikut ini, Saya membuat New Part/Assembly File bernama Latihan, kemudian membuat model 3D Latihan, lalu saya save menjadi File Latihan.Z3

Jika akan membuat model 3D Latihan yang berikutnya, saya mulai lagi dengan Create New File, dstnya…


  • Multi Object File dimana dalam 1 file dapat terdiri dari beberapa macam type, misalnya File latihan berisi Part Latihan, Assembly dari part Latihan, Drafting 2D dari part Latihan dan bahkan CAMPlan dari Part latihan. Multi Object file disini mirip dengan file Kompres ZIP.

Urutan langkah hampir sama, hanya memulainya dengan menggunakan Multi Object File.


Kemudian masuk ke halaman Root, dan pilih type Object yang akan dibuat (Part/Assembly, Drawing Sheet, CAMPlan dstnya..).


Setelah di klik OK, maka akan masuk ke lingkungan part/Assy namun pada bagian kanan atas, akan muncul keterangan File[Nama File.Z3], Part[Nama Part]


Dan jika ikon Blue running man di klik, maka akan kembali ke halaman root seperti berikut. Dan kita dapat menambahn type Object lainnya.


Catatan: Pada Single File Object, jika ikon Blue Running Man di klik, maka dapat diperlakukan menjadi Multi Object File.